Senin, 30 Mei 2011

TINJAUAN ILMU BUDAYA DASAR


Ilmu budaya dasar adalah salah satu mata kuliah softskill di Universitas Gunadarma. Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya sehari-hari. Biasanya 1 bulan sekali melakukan pertemuan di kelas , dosen memberikan tugas selanjutnya yang harus di posting ke dalam blog kita masing masing, biasanya postingan berbentuk curahan hati yang kita alami sehari hari dan tentu juga memiliki topic yang berbeda beda antara satu dan yang lainnya.

Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.Prof.Dr.Harsya Bachtiarmengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :

1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural science )

2. ilmu-ilmu Sosial ( social science )

3. Pengetahuan budaya ( the humanities )

Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut llmu Budaya Dasar diharapkan dapat

1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadaplingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.

2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.

3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan
pengkotakan disiplin yang ketat

4. Mengusahakan wahana komunikasi pers akademis agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar