Senin, 23 Mei 2011


MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia adalah makhluk social dimana tak satu pun manusia bisa hidup sendiri tanpa manusia lain. Sebagai makhluk social ,banyak sekali hal yang membuat manusia beragam satu dengan yang lainnya salah satunya yaitu kebudayaan yang berbeda beda. Budaya dapat didefinisikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orangdan diwariskan dari generasi ke generasi.


Kebudayaan itu sendiri tak luput dari nenek moyang kita yang berbeda beda. Misal nya kebudayaan orang jawa berbeda dengan kebudayaan orang Sulawesi . Nah kebetulan saya berasal dari serang. Serang itu terletak di Provinsi Banten yang dulunya provinsi jawa barat. Salah satu kebudayaan di Serang yaitu kesenian debus, apa itu debus? Debus itu kesenian daerah khas Banten , kaya apa sih debus itu? Debus itu mempertontonkan kekebalan sekelompok orang , misalnya memotong tangan dengan golok , tetapi tidak terluka sama sekali .

Debus itu sendiri tidak menggunakan bantuan makhluk halus seperti jin dan yang lainnya. Tetapi menggunakan tenaga dalam dan orang orang nya pun yang sudah berlatih bertahun tahun. Biasanya orang orang yang bermain debus tergabung dalam suatu kelompok. Biasanya orang orang yang tergabung dalam kesenian debus biasanya menampilkan atraksi yang berbahaya , sampai-sampai kita yang menonton ngeri melihat atraksi tersebut.


Atraksi yang biasa di tampilkan yaitu memotong tangan menggunakan golok, memotong lidah menggunakan golok, memakan beling, berjalan di atas bara api, menaiki tangga pisau, dan yang lainnya. Bagi yang menonton bersama anak-anak lebih baik didampingi oleh orang dewasa, sebab jika tidak diawasi mereka (anak-anak) bisa meniru atraksi tersebut.


Selain dari serang , Indonesia mempunyai beragam kebudayaan yang unik. Salah satu nya kebudayaan provinsi Jakarta .Kebetulan saya saya sedang menetap di Jakarta lebih tepatnya di depok. Salah satu kesenian dari Jakarta adalah ondel-ondel, Ondel-ondel sendiri biasanya digunakan pada saat acara pernikahan , bebentuk orang yang berpasangan perempuan dan laki-laki yang didalam nya terdapat orang yang menggerakkan ondel-ondel itu. Oh iya tak ketinggalan juga roti buaya untuk melengkapi acara pernikahan. Roti ini juga bisa dimakan loh.

Memang kebudayaan di Indonesia sangat banyak macam dan jenis nya , bahkan di dunia. Saya, sangat suka dengan kebudayaaan Indonesia yang sangat kaya dan beragam. Apalagi yang unik . Saking banyak nya kebudayaan di Indonesia Negara lain pun banyak yang mengambil atau mengaku-ngaku bahwa kebudayaan kita ini milik mereka. Tak perlu di sebutkan negaranya juga kita sudah tahu.


Jadi kita harus bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki kebudayaan yang beragam antara satu daerah dengan daerah lainnya. Jadi ,Jangan malu bila ingin mempelajari kebudayaan Indonesia, karena identitas bangsa Indonesia adalah kebudayaan nya yang kaya dan melimpah. Jangan sampai akibat budaya asing, kebudayaan Indonesia menjadi terkikis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar