Senin, 30 Mei 2011

MANUSIA DAN KEINDAHAN

Sekarang saat nya membahas manusia dan keindahan , yeeeah, keindahan ? apa sih keindahan itu? Kalau dari rangkuman IBD , keindahan itu berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia, tatanan, perabot rumah tangga, suara, warna, dan sebagainya.


Indah merupakan kata yang sering kita sebutkan , bila kita melihat sesuatu yang memang enak untuk dipandang misalkan pemandangan yang bagus, pemandangan di pantai, pegunungan atau tempat lainnya yang bagus. Keindahan alam merupakan ciptaan dari sang maha kuasa . Kita patut mensyukurinya dan menjaga nya.


Herbet Read merumuskan bahwa keindahan adalah kesatuan dan hubungan-hubungan bentuk yang terdapat diantara pencerapan-pencerapan indrawi manusia.
Filsuf abad pertengahan Thomas Amuinos mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan bilamana dilihat.

Menurut luasnya pengertian keindahan dibedakan menjadi 3, yaitu :

1. Keindahan dalam arti luas

Keindahan dalam arti luas menurut para ahli, yaitu :
a. Menurut The Liang Gie keindahan adalah ide kebaikan
b. Menurut Pluto watak yang indah dan hukum yang indah
c. Menurut Aristoteles keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan
2. Keindahan dalam arti estetik murni
Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetik seorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya.
3. Keindahan dalam arti terbatas
Keindahan dalam arti yang terbatas, mempunyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda benda yang dapat -diserap dengan penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna. keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebalikan dari garis, warna, bentuk, nada, dan kata-kata. Ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda itu dengan si pengarnat.

Keindahan bukan hanya pada alam saja tapi keindahan pada suatu benda yanag membuat kita terpesona, misalnya kerajinan yang unik , buatan manusia, dan unik. Kadang kita menginginkannya bukan? jadi keindahan merupakan sesuatu yang mahal harganya dan kita harus menjaganya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar