Kamis, 07 Oktober 2010

Masalah kemiskinan di Indonesia ( tugas softskill ISD )

Masalah kemiskinan di Indonesia memang bukan persoalan baru lagi, hampir setiap hari kemiskinan merajalela di seluruh Indonesia. Kemiskinan di Indonesia tidak hanya ada di pedesaan saja tapi di kota besar pun seperti di Jakarta tidak luput dari masalah kemiskinan. Jumlah angka kemisikinan di Indonesia saja pada tahun 2009 mencapai 32,53 juta jiwa atau sekitar 14,15% ( www.bps.go.id ) namun pada tahun 2010 ini terjadi penurunan tingkat kemiskinan, jika pada tahun 2009 mencapai 32,53 juta jiwa pada tahun ini mengalami penurunan menjadi 31.02 juta jiwa atau sekitar 13,33%. Walau hanya turun beberapa persen, tetapi ini menunjukan bahwa kemiskinan di Indonesia bisa berkurang tahun demi tahun.




Kemiskinan terjadi karena rendah nya kesadaran akan pendidikan dan sedikitnya ketersediaan lapangan kerja di Indonesia dan beberapa faktor lainnya. Pemerintah pernah mengusulkan pada tahun 2015 Indonesia akan bebas dari masalah kemiskinan tetapi memang sangat sulit untuk mewujudkannya.
Banyak keluarga yang anggota keluarganya hanya bekerja seadanya seperti menjadi pembantu rumah tangga , pemulung, bercocok tanam, menjadi kuli dan bahkan mengemis. Tidak jarang kita melihat anak anak di bawah umur mencari nafkah untunk memenuhi kebutuhan diri nya bahkan keluarganya sendiri dengan memulung barang barang bekas atau botol plastik bekas.




Ada beberapa solusi untuk memberantas atau mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia :

1.Meningkatkan pendidikan rakyat, pemerintah harus menyediakan sekolah sekolah yang terjangkau untuk semua kalangan rakyat di Indonesia, sehingga tidak ada lagi anak tidak bersekolah karena masalah tidak mempunyai atau kekurangan dana.Tanpa pendidikan sangat susah sekali mengurangi kemiskinan dan menjadi bangsa yang maju

2.Pembagian lahan gratis untuk para petani agar mereka memiliki lapangan kerja dan memiliki modal untuk kelangsungan hidup mereka agar menjadi lebih baik lagi.

3.stop eksploitasi kekayaan alam Indonesia dari perusahaan luar negeri. Lebih baik mengelola sendiri karena otomatis membuka lapangan kerja yang lebih banyak sehingga mengurangi angka pengangguran serta kemiskinan.

4.pemerintah seharusnya membuka lapangan kerja seluas luasnya agar rakyat Indonesia tidak ada lagi yang menganggur.

5.pemerintah seharusnya juga lebih melihat kebawah karena masih banyak masyarakat miskin di Indonesia , jangan menghambur hamburkan uang untuk hal hal yang tidak penting seperti rencana membangun gedung baru DPR yang mencapai triliunan rupiah yang meresahkan rakyat Indonesia, padahal uang tersebut bisa lebih berguna untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia

Jadi, Banyak cara sebetulnya yang bisa di tempuh untuk mengurangi masalah kemiskinan di Indonesia, semoga pemerintah bisa secepatnya memecahkan masalah kemiskinan di Indonesia jangan sampai meningkat angka kemiskinan di Indonesia setiap tahunnya tetapi sebaliknya, tingkat kemiskinan harus berkurang, walau memang tidak semudah membalik telapak tangan untuk mewujudkannya tetapi semoga semua terwujud agar negara ini bisa lebih maju dari tahun tahun sebelumnya.




image source:

http://politikana.com/images/medium/infografi-kemiskinan-di-indonesia.jpg
http://setyopratiwi.net78.net/anak.jpg







Tidak ada komentar:

Posting Komentar