Rabu, 12 Oktober 2011

Sayangi Mata kita Kawan

Mata, bisa di katakan mata itu jendela dunia dan anugerah yang sangat indah dari yang maha kuasa. Kenapa saya tertarik dengan tema mata? Karena saya ingin kawan kawan menyayangi mata kalian dan menjaganya agar tetap sehat dan tetap tajam dalam melihat. Beruntung bagi kita yang memiliki mata yang normal dan sehat dan masih dapat berfungsi dengan normal, gak sedikit loh kawan kawan kita yang memiliki kekurangan dalam penglihatannya seperti mata minus mau pun plus atau silinder atau rabun, jadi kita memang harus merawat mata kita. Tanpa disadari setiap hari kita ber-aktifitas di luar, misalnya pada saat kita berangkat kuliah atau bekerja dan menggunakan motor pasti debu debu di jalanan dan polusi mencemari mata kita. Bayangkan setiap hari mata kita terkena debu dan polusi, pasti lama kelamaan mata akan teriritasi dan membuat kualitas dalam melihat menjadi berkurang.


Oh iya sedikit ingin cerita, tadi pagi waktu saya bangun tidur ada hal aneh yang terjadi pada mata saya, mata sebelah kiri saya sedikit kabur melihat tulisan di buku , saya kira itu efek bangun tidur hahaha, tapi setelah saya sudah di kampus dan belajar terbukti ada yang aneh sama mata saya. Sewaktu dosen menulis catatan di white board saya mencoba menutup mata sebelah kanan saya dan melihat menggunakan mata kiri saya , hasilnya tidak diragukan lagi saya tidak melihat dengan jelas tulisan dosen dan pada saat saya menutup mata kiri saya dan melihat menggunakan mata kanan dengan jelas nya saya dapat melihat tulisan dosen. So.. dapat disimpulkan kalau mata saya minus sebelah. Ditambah waktu saya nanya temen yang pake kacamata memang benar mata minus bisa di salah satu mata saja dan tidak pada kedua mata.

Oh God, beneran nih mata kiri saya minus?. Setelah saya searching artikel

mengenai mata rasanya langit mau runtuh, soalnya mata minus itu katanya bisa bertambah , misalnya minus 0,5 bisa nambah jadi minus 1 atau malah 1,5. Sesuatu yah… tapi saya berharap mata saya bisa normal lagi . Oh iya penyebab kemampuan mata menurun itu ada beberapa faktor :

1. Pola makan yang tidak sehat, seperti asupan karbohidrat yang berlebihan, dan makan ketika stress.

2. Kebiasaan membaca sambil tidur atau membaca dengan penerangan yang minim.

3. Polutan di udara, air, makanan.

4. Konsumsi gula yang berlebihan.

5. Kurang terkena matahari

6. Tempat kerja yang buruk.

7. Terlalu banyak menonton tv dekat layar.

Nah setelah mengetahui faktor apa saja yang dapat memicu mata minus ada beberapa tips untuk menjaga kualitas penglihatan mata yaitu :

1. Makan sayuran seperti wortel untuk kesehatan mata dengan kandungan vitamin A nya member nutrisi pada mata.

2. Jangan membaca pada keadaan tiduran atau keadaan ruangan gelap.

3. Makan buah buahan yang asam.


Semoga dengan tulisan saya ini kalian dapat termotivasi untuk menjaga kesehatan mata. Jangan sampai menyesal dikemudian hari. Doakan juga semoga mata saya tidak minus hahahaha, ayo jaga kesehatan mata kita dimulai dari hal hal yang terkecil kawan, dan itu semua bisa dimulai detik ini yeeeeaaahh!!.

1 komentar: