Kamis, 04 Oktober 2012

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra Dalam Kehidupan Sehari-hari

     Mendengar kata grafik komputer dan pengolahan citra pasti membuat kita sedikit bingung untuk membedakan nya , karena memang grafik komputer dan pengolahan citra bukan satu kesatuan tetapi berbeda satu dengan yang lain. Nah di dalam kehidupan sehari hari secara tidak langsung kita dapat menemukan implementasinya , apa saja sih pengaplikasiannya di kehidupan sehari-hari? berikut saya akan menjelaskanya.

     Definisi dari grafik komputer itu sendiri adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika 3D, pemrosesan cita dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

     Sedangkan pengolahan citra terdiri dari definisi dasar yang dipergunakan dalam pengolahan citra , citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling, pengolahan itu sendiri adalah salah satu cabang dari ilmu informatika, pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra atau gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Setelah kita mengetahui definisi nya mari kita lihat pengaplikasian nya dikehidupan sehari hari :

Grafik komputer dalam kehidupan sehari hari :

> Bidang hiburan, dimana film menggunakan grafik komputer untuk menghasilkan efek animasi yang baik.

> Bidang pendidikan , untuk membantu presentasi siswa secara nyata misalnya melalui power point atau software yang lainnya.

>Computer Art, menghasilkan kartun, layout media cetak, logo, desain interior dan eksterior dll.


>Video game, aplikasi yang beredar dipasaran mulai dari yang sederhana seperti tetris hingga yang rumit 3 dimensi seperti winning eleven.



Pengolahan Citra dalam kehidupan sehari-hari :

>Bidang kesehatan, misalnya rontgen tubuh manusia untuk mengetahui ada kelainan atau tidak.


>Mikroskop elektron, salah satu pengolahan citra dalam ilmu kedokteran.


>Bidang visual, misalnya pemotetran lewat satelit , GPS, foto kamera dll.


Jadi bisa disimpulkan grafik dan pengolahan citra suatu proses menciptakan gambar untuk tujuan analisis atau pengenalan objek yang terkandung didalamnya yang mengandung citra.
Semoga bermanfaat.







Sumber : 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar