Jumat, 30 Maret 2012

Membuat program volume balok menggunakan bahasa C



Kali ini kita diminta untuk membuat program untuk menghitung volume balok menggunakan linux , kuliax. Dengan menggunakan bahasa c dimana bahasa c ini merupakan bahasa pemrograman terstruktur karena strukturnya menggunakan fungsi-fungsi sebagai program-program bagiannya .Fungsi yang ada selain fungsi utama merupakan program bagian. Jika fungsi-fungsi diletakan di file pustaka dan akan dipakai di suatu program, maka nama file (header file) harus dilibatkan dalam program yang menggunakannya dengan preprocessor directive berupa #include.



Di awal program kita menemukan #include(stdio.h), yang dimaksud dengan #include adalah header file, dan harus dilibatkan dalam program yang menggunakannya dengan preprocessor directive. Stdio.h adalah berkas yang berisi prototype fungsi. Definisi konstata dan definisi variable. Fungsi adalah kumpulan kode C yang diberi nama dan ketika nama tersebut dipanggil maka kumpulan kode tersebut dijalankan. Berikutnya fungsi main() adalah fungsi yang pertama kali dijalankan ketika program dieksekusi. Tanpa fungsi main suatu program tidak dapat dieksekusi namun dapat dikompilasi.



Pada kesempatan kali ini saya mencoba menggunakan linux ubuntu , di awal membuka program bahasa c , kita ketik vi namafile.c , setelah kita tekan enter maka akan ada screen baru untuk memasukkan program , berikut tampilan pada saat kita membuat program, meng-compile dan me-run program kita :


Pada saat kita mengisi program maka tampilan nya seperti berikut :


Seperti yang bisa dilihat diatas, terdapat “int p,l,t,volume, menyatakan bahwa variable nanti nya akan bertipe integer, printf () berfungsi untuk menampilkan suatu keluaran pada layar peraga. Dalam C suatu konstata string ditulis dengan diawali dan diakhiri tanda (“). Perlu diketahui juga pernyataan dalam C selalu diakhiri dengan tanda titik koma (;). Tanda titik koma dipakai sebagai tanda pemberhentian sebuah pernyataan dan bukanlah sebagai pemisah antara dua pernyataan.


Selanjutnya tanda \ pada string yang dilewatkan sebagai argument printf() mempunyai makna yang khusus . Tanda ini bisa digunakan untuk menyatakan karakter khusus seperti karakter baris baris atau karakter backslash (miring kiri), jadi karakter seperti \n sebenarnya menyatakan sebuah karakter . Lalu scanf berfungsi untuk memanggil , tanda %d ini merupakan string control yang dapat berupa satu atau sejumlah karakter yang akan ditampilkan ataupun berupa penentu. format yang akan mengatur penampilan dari argument yang terletak pada daftar argument. %d menampilkan bilangan bulat (integer). Setelah itu kita akan diminta untuk memasukkan nilai panajng lebar dan tinggi, inputan nya pun tegantung si penginput . Lalu setelah menginput maka program akan menghitung volume balok dimana volume = panjang *lebar*tinggi. Pada bahasa c, untuk mengetik program kita tekan insert dahulu agar kita bisa mengetikan program, dan bila kita telah selesai mengetikan program maka kita tekan escape, dan ketikan :wq , untuk kembali ke halaman awal.


Untuk meng-compile program kita ketikan gcc namaprogram.c –o namabaru, lalu tekan enter kemudian untuk me-runing program kita tinggal menginput ./namabaru, lalu enter, maka tampilan output nya akan seperti berikut :

Misalkan kita memasukan panjang 6, lebar 4, dan tinggi 5, maka akan diproses dan menghasilkan volume balok sebesar 120.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar