Rabu, 28 September 2011

K-POP sebagai softpower Korea Selatan

Pengaruh boyband dan girlband yang dahulu cenderung berasal dari barat, sebut saja westlife, Nsync, backstreetboys, spicegirl dan lain-lain. Namun, akhir-akhir ini lebih berkiblat pada Negara di asia Timur sebut saja salah satunya Negara penghasil gingseng yaitu Korea Selatan. Korea selatan saat ini memang menjadi buah bibir dalam perbincangan Internasional, mengapa? karena korea selatan mampu menjadi trend entertainment dalam hal group boyband dan girlband, sebut saja K-pop yang saat ini menjadi trend didunia hiburan saat ini.

K-pop (Korean-pop) adalah trend boyband dan girlband yang berisikan sejumlah beberapa orang baik perempuan dan lelaki yang memiliki talenta atau bakat seperi menari, menyanyi, acting, dan lain-lain. K-pop saat ini telah menjadi icon hiburan di Korea Selatan itu sendiri dan banyak diminati berbagai kalangan dikorea, namun khususnya para remaja perempuan. Ada beberapa contoh boyband dan girlband asal dari gingseng ini yang telah melejit di pentas internasional, bahkan diantaranya telah memiliki beberapa penggeramar fanatic, sebut saja boyband papan atas korea seperti Bing bang. DBSK, Super Junior, Shinee, 2PM, 2AM, CNBlue dan masih banyak lainnya serta tak ketinggalan girlband seperti wonderGirls, SNSD (girls generation), f(x), after School, Tara, dan masih banyak lainnya.

Masing-masing boyband dan girlband Korea diatas memiliki cirikhas yang berbeda satu sama lainnya, dan hal inilah yang membuat mereka lebih mudah dikenal dan diterima oleh masyarakat. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan dan standar kualitas yang baik didunia hiburan karena di korea sebelum mereka debut atau menjadi artis, mereka ditraining didalam mangement terlebih dahulu agar siap menghadapi kompetisi didunia hiburan.

Yang lebih mendukung kesuksesan K-pop adalah dukungan dari pemerintah korea Selatan itu sendiri, dimana K-pop saat ini dijadikan sebagai softpower bagi pemerintah Korea untuk memperkenalkan kebudayaan atau pariwisata Korea selatan dimata dunia internasional. Softpower adalah kemampuan untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan cara membuat pihak lain tertarik sehimgga keinginan pihak lain bisa sama dengan keinginan kita. Sebut saja iklan promosi pariwisata yang berjudul SEOUL yang dinyanyikan oleh artis-artis boyband dan girlband SM Entertainment yaitu super Junior dan SNSD merupakan salah satu contoh softpower yang digunakan oleh pemerintah Korea Selatan untuk mempromosikan pariwisata di korea selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar